Perhatikan Hal ini Saat Cuci Mesin Mobil

Mobil SUV Terbaik Indonesia


Untuk menjaga kondisi Mobil SUV terbaik di Indonesia  milik Anda, nyatanya dibutuhkan usaha yang tak mudah lho. Selain harus rutin melakukan pengecekan secara berkala, kebersihan mobil pun tak kalah penting untuk dipehatikan. Namun, bukan hanya kebersihan luar mobil saja, tapi juga kebersihan mesin mobil.

Ya, beberapa orang kerap mengabaikan kebersihan mesinnya, padahal kondisi mesin yang kotor bisa memicu masalah pada mesin juga lho. Nah, untuk membersihkan mesin mobil pun tak mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fungsinya tak berubah atau bahkan rusak. Simak beberapa tips yang diberikan Nissan Indonesia berikut:

1. Pastikan mesin mobil sudah mati. Selain harus mati, saat ingin mencuci mesin mobil disarankan bersuhu hangat. Hal tersebut dimaksudkan agar saat mencuci kerak-kerak kotoran yang menempel akan lebih mudah untuk lepas. Berbeda jika mesin mobil dingin, nantinya pelepasan kerak kotoran akan lebih sulit. So, sebaiknya panaskan terlebih dahulu mesin mobil Anda.

2. Beberapa bagian mesin mobil ada yang tidak boleh tersentuh air, karena itulah Anda perlu terlebih dahulu melindunginya. Beberapa bagian tersebut ialah boks sekring, electronic control unit (ECU), alternator, kabel songket serta sensor listrik lainnya. Anda bisa melapisinya dengan plastik atau alumunium foil, yang terpenting beberapa bagian tersebut bisa terlindung dari air saat proses pencucian.

3. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan engine degreaser. Ratakan cairan ini pada setiap sisi mesin dan diamkan selama 10 menit agar kotoran yang menempel dapat dengan mudah terangkat.

4. Setelah melakukan hal-hal di atas Anda bisa mulai membasuh mesin dengan air. Pastikan tekanan air tidak terlalu keras agar mesin yang sudah dilapisi tetap terlindungi.

5. Hal akhir yang tak boleh dilakukan ialah mengeringkan permukaan mesin, akan lebih baik jika dikeringkan dengan lap sintesis. Tak hanya itu, pada beberapa bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan angin bertekanan tinggi agar lebih mudah.

Nah, selamat mencoba dan tetap jaga kondisi mobil SUV terbaik Anda ya!  

1 komentar: