Teknik Mengerem Saat Hujan Lebat


Teknik Mengerem Saat Hujan Lebat
(foto: g2007.com)
Ketika Anda harus berkendara di jalan, ada beberapa trik yang harus dipahami dan dikuasai. Salah satunya adalah saat melakukan pengereman. Lalu, jika Anda berkendara di saat hujan lebat tentu cara Anda mengerem akan menjadi sesuatu hal yang berbeda. Berikut triknya:

  • Jika mobil Anda menggunakan rem jenis tromol, maka perlu Anda kendarai mobil Anda dalam kecepatan sedang. Kinerja tromol dan sepatu rem akan menurun jika basah. Untuk mengeringkannya, injak pedal rem secara berkala dengan tekanan agak ringan.
  • Hindari tergelincir, dengan tidak panik dan tidak menginjak rem dengan kuat, sebab ini hanya akan membuat mobil sulit dikendalikan. Mengeremlah dengan tekanan wajar, sembari setir dikendalikan kembali ke jalur.
  • Jika mendadak rem mobil Anda tidak pakem di jalanan basah, padahal butuh segera berhenti, segera lakukan langkah "pengocokan". Kurangi gigi persneling secara perlahan, serta gunakan rem tangan secara bertahap, dalam artian tidak ditarik penuh agar mobil Anda tidak terpelanting.






(sumber: otomotif.kompas.com)


0 komentar:

Posting Komentar