Cara Reset ECU pada Nissan Grand Livina


Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia | Mobil Nissan Grand Livina
nissan.co.id

Punya mobil Nissan Grand Livina, namun bingung mengapa tiba-tiba ada indikator check engine menyala? Saat gas diinjak, mobil tak mau berakselerasi. Alhasil, mobil Anda nggak mau jalan meskipun pedal telah ditekan keras.

Munculnya indikator check engine tak selalu mengindikasikan adanya masalah pada kerusakan mesin, lho. Bisa saja filter udara mobil Anda kotor, ada soket kelistrikan atau sensor yang kendur atau kotor.

ECU atau komputer pengontrol mesin yang ada pada setiap mesin memiliki fungsi 'self learning' dan mampu mencatat data error yang pernah terjadi alias DTC (Diagnostic Trouble Code) yang berguna pada saat servis.

Nggak perlu takut. Dengan dalam waktu 5 menit, mobil Anda bisa kembali normal dengan me-reset ECU. Begini caranya untuk mengoptimalkan kembali kinerja mesin Nissan Grand Livina Anda.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin. Pastikan posisi kunci kontak ke posisi OFF.
2. Pindahkan gigi transmisi ke posisi netral. Hal ini berlaku bagi mobil jenis manual maupun matik.
3. Tekan pedal gas hingga mentok sebanyak 3 kali. Cara ini dilakukan untuk mengaktifkan back up ECU ke setingan sebelum mobil bermasalah. Dengan kata lain, ECU akan direset ke setingan awal.
4. Putar kontak ke posisi ON dan nyalakan mobil. Check engine mati dan mobil sudah kembali normal.

Jika masih belum bisa menyala, coba ulangi langkah di atas. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya mariong,com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus
  2. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.mariong.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus