Cara Aman Bersihkan Ruang Mesin Mobil


Cara Aman Bersihkan Ruang Mesin Mobil
(foto: kiosban.com)

Mesin dapat bekerja lebih baik bila kebersihannya selalu dijaga. Namun, untuk membersihkan ruang mesin membutuhkan perlakukan yang lebih khusus agar mencegah dari korsleting dan kerusakan komponen kelistrikan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dalam membersihkan ruang mesin secara aman:

  1. Pastikan mesin dalam kondisi hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Cabut kunci agar listrik benar-benar dalam kondisi off, begitu pula cabut koneksi aki.
  2. Tutup seluruh komponen penting dan elektrikal menggunakan alumunium foil, seperti soket kelistrikan, isap udara, koil, sensor, dsb.
  3. Gunakan engine degreaser untuk membersihkan bagian permukaan mesin dan celah-celahnya. Pakai sikat berbulu halus atau kuas untuk membersihkannya.
  4. Campurkan air dengan detergen untuk membersihkan bagian per bagian. Lalu bilas dengan semprotan air bertekanan minim, untuk mencegah kerusakan pada bagian penting mesin.
  5. Keringkan setiap bagian mesin dengan lembut menggunakan kain halus. Singkirkan bungkusan alumunium foil tadi, dan biarkan beberapa menit hingga benar-benar kering. Hindari komponen kelistrikan dari air.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan? Silakan mencoba, ya!






(sumber: kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar