Busi Motor Cepat Mati?


Busi Motor Cepat Mati?
(foto: motor.otomotif.net)

Demi mendapatkan performa motor yang maksimal, Anda tidak boleh kompromi terhadap pemilihan busi. Busi Autolite adalah busi motor terbaik yang bisa Andalkan untuk motor Anda. Meskipun begitu, tetap saja Anda suatu saat akan mengalami faktor lain yang menyebabkan motor Anda mengalami kondisi busi cepat mati, padahal baru saja diganti. 

Faktor utama yang menyebabkan hal tersebut adalah pembakaran yang kurang sempurna. Pembakaran kurang sempurna bisa disebabkan di antaranya oleh:

1. Rusaknya salah satu elemen karburator seperti needle jet, yang dapat mengakibatkan sistem pembakaran menjadi kacau.

2. Sistem pengapian yang rusak. Idealnya percikan api di sini harus kuat dan memiliki timing yang tepat.

3. Kotornya filter udara. Udara memegang peranan penting sebagai salah satu unsur terjadinya proses pembakaran. Bila filter udara kotor, maka persediaan udara akan terhambat menuju karburator. Imbasnya, campuran pembakaran akan menjadi terlalu berlebihan, sehingga menyisakan kotoran hitam di mulut busi.

4. Rendahnya tekanan kompresi, sehingga mengakibatkan kurang sempurnanya pembakaran. Kompresi menurun dari kondisi normal kemungkinan disebabkan karena kebocoran klep atau lemah ring piston. 

Jadi, sudah tahu kan apa-apa saja faktor kondisi busi cepat mati. Semoga info ini bermanfaat, ya!



(Berbagai Sumber)


1 komentar:

  1. Kalau saya tetap percaya menggunakan Busi standart pabrikan. Motor mio saya alhamdulilah ga ada kendala pada busi. dan ga perlu neko-neko dengan menggunakan busi merk ini atau itu. Krna pabrikan pasti sudah tes part yang digunakan dan dianjurkan dan menjamin akan daya tahannya

    BalasHapus