Yuk, Rawat Rantai Motor Anda


Yuk, Rawat Rantai Motor Anda
(foto: bikebandit.com)
Dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, atau berpergian ke mana pun tentu Anda membutuhkan kendaraan motor yang prima. Namun kendala seringkali muncul bila terjadi masalah pada rantai motor Anda. Terutama jika datang musim hujan, maka rantai akan rentan kotor terkena lumpur, lalu basah berganti menjadi kering sehingga berpotensi mengendurkan rantai.

Kondisi ini dapat membuat motor menjadi tidak nyaman dipakai, atau lebih buruk lagi rantai motor dapat rusak bahkan putus. Untuk itu, berikut ada beberapa tips singkat agar rantai motor Anda awet:

  1. Periksa kondisi rantai secara rutin. Bila di jalan motor Anda melewati jalan yang buruk maka posisi pin pada rantai bisa berubah, sebab beban rantai untuk menarik roda semakin berat. Oleh karenanya penting untuk mengecek kondisi rantai tiap 1000 km sekali.

  2. Kebersihan rantai ternyata sangat erat kaitannya dengan kenyamanan berkendara motor. Rantai akan cepat berkarat bila jarang dibersihkan. Gunakan pembersih rantai motor terbaik, seperti Master Chain Cleaner, secara berkala minimal sekali dalam sebulan. Jangan lupa pula memberikan pelumas setelah dibersihkan.

  3. Hindari penggunaan gear dan rantai motor palsu demi kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

  4. Kencangkan As roda belakang motor Anda, sebab bila kendur maka akan menimbulkan suara berisik dan berpotensi rantai lepas dari gear yang menyebabkan Anda terjatuh di jalan.

Demikianlah tips bagaimana merawat rantai motor Anda agar lebih tahan lama, dan terhindar dari kecelakaan saat berkendara. Semoga infonya bermanfaat, ya!





(sumber: merdeka.com)

0 komentar:

Posting Komentar