Tips Merawat Busi Motor


Tips Merawat Busi Motor
Foto: saft7.com

Busi mendadak mati di tengah jalan tentu bukanlah sesuatu hal yang Anda inginkan. Apalagi bila Anda tengah diburu waktu ke kantor atau hendak mendatangi sebuah acara di tempat yang cukup jauh jaraknya. Tentu ini sangatlah merepotkan. Untuk itu, selain memilih busi motor terbaik seperti busi Autolite, sangatlah penting memperhatikan kondisi busi secara berkala, dengan mengikuti tips di bawah ini:

  • Buka penutup besi, cek kondisinya apakah masih dalam keadaan layak atau tidak.
  • Dengan menggunakan kain bersih dan kering, bersihkan daerah sekitar lubang besi.
  • Pastikan busi kering dan berkerak warna abu-abu sebagai tanda bahwa pembakaran mesin motor Anda masih bagus. Tetapi sebaliknya, bila busi terlihat basah dan keraknya berwarna hitam, maka pembakaran mesin motor berjalan kurang sempurna.
  • Dalam melakukan pembersihan busi, rendamlah busi dalam minyak tanah atau bensin, kemudian keringkan dengan kain yang bersih.
  • Setelah selesai dibersihkan, masukkan kembali busi pada tempatnya dengan hati-hati. Jangan memasangnya terlalu keras, sebab dapat merusak ulir pada lubang mesin.
Terakhir, lakukan langkah-langkah perawatan di atas secara rutin dan teratur agar proses pembakaran mesin motor selalu optimal. Keep calm and have a safe riding ya, bro! 

(Berbagai Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar