Kapan Waktu Tepat Ganti Oli?


Kapan Waktu Tepat Ganti Oli?
(foto: abaautoszerviz.hu)
Sebuah riset menemukan bahwa banyak pengendara motor di Indonesia yang secara teratur merawat motor mengganti oli selama sebulan sekali. Hal ini didasari oleh penerimaan gaji bulanan mayoritas masyarakat pekerja. Mengganti pelumas setiap bulan sekali memang sangat baik dilakukan agar kondisi mesin motor tetap prima.

Namun, hal ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai pemborosan biaya. Sebab sejatinya Anda bisa menunggu sampai batas kilometer yang sudah ditempuh, biasanya berjumlah 3.500 hingga 5.000 km. Di samping itu, penggantian oli juga harus memperhatikan kondisi kendaraan. Umumnya, penggunaan dalam kota lebih butuh banyak perhatian ketimbang penggunaan luar kota.

Pertimbangannya adalah ketika di dalam kota, maka pengendara akan lebih banyak melakukan 'stop and go' dikarenakan kondisi jalanan yang macet. Selain itu, sirkulasi pendinginan untuk radiator menjadi kurang efektif dibanding pemakaian motor di luar kota, yang radiatornya memiliki lebih banyak pasokan udara.

Intinya, penggantian oli kendaraan secara rutin akan lebih baik bila didasarkan kondisi mesin kendaraan. Alasannya, kondisi dan pemakaian setiap kendaraan pasti berbeda-beda bagi setiap pengendaranya.  








(sumber: okezone.com)


0 komentar:

Posting Komentar