Bukan Zamannya Lagi Panaskan Mesin Terlalu Lama


Bukan Zamannya Lagi Panaskan Mesin Terlalu Lama
(foto: sevacall.com)
Perkembangan teknologi sudah sangat maju. Khusus untuk mobil keluaran terbaru, Anda tidak perlu lagi memanaskan mesin mobil dalam waktu lama sebelum melakukan perjalanan. Mekanisme "cuk" sudah tidak ada lagi, dan Anda juga tidak harus menginjak pedal gas ketika akan menghidupkan mesin.

Cukup putar kunci kontak ke posisi "start", mesin akan langsung normal. Memang waktu pemanasan mesin masih ada, namun kini jauh lebih singkat waktunya. Itulah hebatnya mesin masa kini. Kebutuhan bahaan bakar tidak lagi disedot, tapi disemprot. Pada teknologi injeksi terkini, bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar, sehingga waktu pemanasan pun semakin cepat.

Dengan cara ini, selain konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien, juga dapat membantu kurangi pencemaran lingkungan. 

Faktor oli juga menentukan lamanya mesin dipanaskan. Oli berkualitas baik dan viskositasnya rendah (masuk kategori energy conserving) membaut mesin lebih mudah dihidupkan. Sebab hambatan yang ditimbulkan oli lebih rendah. Sebaliknya,jila oli kental atau viskositasnya tinggi, tentu akan membutuhkan tenaga lebih besar untuk melawannya, yang nantinya juga akan memengaruhi lama mesin dipanaskan.








(sumber: kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar