Wajib! Bilas Mobil Anda Setelah Kehujanan


Hujan memang bisa menyapu kotoran pada body mobil. Namun, hujan juga berpotensi menimbulkan masalah pada kendaraan. Misal, hujan akan menimbulkan bercak di permukaan cat.


Cara ampuh yang bisa Anda lakukan saat mobil terkena hujan adalah dengan langsung mencucinya, agar mobil terhindar dari masalah karat atau kabin berbau tidak sedap. Berikut cara yang harus Anda lakukan setelah mobil terkena hujan:

1. Cuci Body
Saat mencuci, ada bagian-bagian mobil yang memerlukan perhatian khusus, misalnya: bagian deoan, terutama pada kisi-kisi kondensor AC. Hal ini karena kondensor AC memiliki lekukan yang memudahkan kotoran lebih mudah hinggap.

2. Bilas dengan Air
Guyuran hujan bisa membuat mobil langsung kotor dan kering. Sesaat setelah sampai di tujuan, segera bilas mobil Anda menggunakan air dari selang. Hindari menggunakan lap atau spons saat mencuci untuk memnghindari baret pada body mobil. Cukup usap pakai tangan.

3. Cuci Kolong
Saat mencuci, cek kotoran yang mungkin sembunyi di balik sepatbor. Biasanya, di celah itulah korosi dapat mudah timbul karena kelembapan lebih mudah tersimpan diantara tumpukan kotoran.

4. Bersihkan Karpet
Sepatu yang basah atau titisan air dari payung bisa membuat karpet mobil ikut basah. Oleh karena itu, selalu keringkan karpet mobil sesaat setelah hujan.

5. Waxing
Untuk melindungi cat pada body mobil, lakukan waxing setiap 5 sampai 8 kali pencucian. 

0 komentar:

Posting Komentar