Kuras Cairan Rem Secara Rutin


Kuras Cairan Rem Secara Rutin
(foto: klimg.com)
Sebagai perangkat penahan laju kendaraan, kinerja rem harus selalu diberi perhatian ekstra, terutama pada rem cakram. Cara kerja pada rem cakram itu sendiri didukung oleh tekanan dari cairan rem atau yang selama ini dikenal dengan minyak rem.

Pemilik kendaraan, baik mobil atau sepeda motor, wajib memerhatikan kondisi rem. Gunakan selalu minyak rem berkualitas yang memiliki titik didih tinggi, pakai juga karet dan selang rem orisinil. Kemudian, disarankan untuk selalu memeriksa secara rutin apakah ada kebocoran pada rem atau tidak, dengan melihat kapasitas cairan rem di wadah master rem.

Pastikan Anda menguras cairan rem minimal sekali setahun. Caranya? Ikuti tips singkat berikut:

  1. Buka baut selang rem bawah yang terhubung pada kaliper. Biarkan cairan rem yang lama mengalir terbuang.
  2. Setelah cairan rem habis terkuras, isi cairan rem baru dengan membiarkan tetap mengalir terbuang, agar endapan cairan rem lama dalam selang ikut terdorong. Setelahnya, tutup kembali baut kaliper bawah dan kencangkan.
  3. Tambahkan cairan rem kembali ke dalam master rem, lalu kocok rem dengan menarik tuas rem beberapa kali, dan menahannya. Sembari menarik dan menahan tuas rem, buang angin yang ada pada rem dengan kendurkan dan kencangkan kembali nipple di kaliper. Ulangi ini beberapa kali hingga kinerja rem lebih maksimal.






(sumber: otosia.com)

0 komentar:

Posting Komentar