4 Poin Utama bagi Pengendara Mobil Matic


5 Poin Utama bagi Pengendara Mobil Matic
(foto: cartoq.com)
Kebutuhan mobil menjadi suatu hal yang mendesak bagi beberapa orang. Kondisi kemacetan jalanan ibu kota juga membuat banyak orang kini beralih mengendarai mobil bertransimisi otomatis ketimbang manual, karena penggunaannya yang lebih mudah dan sederhana. Akan tetapi bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mobil bertransmisi otomatis harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Hafalkan urutan transmisi. Wajib bagi Anda menghafalkan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, karena ini menjadi sangat krusial demi menghindari kecelakaan.
  • Tidak gunakan kaki kiri. Sebab mobil matic tidak memiliki pedal kopling, melainkan haya dua pedal gas dan pedal rem.
  • Biasakan injak rem setiap kali Anda akan mengganti transmisi. Tujuannya ialah agar saat Anda tengah mengganti transmisi, mobil tidak akan berjalan dengan sendirinya.
  • Ketika berada di jalan menanjak, pindahkan transmisi pada posisi 2 atau L. Saat jalan menurun, posisi ini juga bermanfaat sebagai engine brake.
Selain keempat hal di atas, Anda juga perlu untuk memahami fitur penting lain, seperti tombol hold yang merupakan fitur penguncian gigi. Ketika tombol ini diaktifkan, maka fitur akan mengunci mobil pada gigi 2 atau 3. Ketika sedang berkendara di dalam kota, fitur ini juga dapat membantu pengendara untuk lebih menghemat bahan bakar minyak.






(sumber: oto.detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar