Cara Pelihara Rantai dan Gir Motor


Cara Pelihara Rantai dan Gir Motor
(foto: cycledevontoday.org.uk)
Rantai motor memegang peran yang cukup krusial dan tidak bisa diremehkan begitu saja. Mulai sekarang, perhatikan secara rutin rantai dan gir set motor Anda. Rantai motor memerlukan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) demi memperpanjang usia pakainya.

Jangan pernah sekali-kali membersihkan rantai dengan bensin atau oli bekas, yang malah akan memangkas umur pakai rantai menjadi pendek. Idealnya, rantai motor dilumasi cairan chain lube setidaknya 2 kali dalam seminggu. Selain itu disarankan pula untuk kencangkan rantai sebulan sekali. 

Kemudian, gir depan jangan sampai luput dari perhatian, sebab kenyataannya pengendara motor hanya sering perhatikan gir belakang saja. Rutinkan untuk membuka tutup gir depan, dan bersihkan. Kembali, idealnya pergantian gir set dilakukan bila pemakaian sudah menempuh 40.000 km. 

Bila Anda terpaksa melakukan pemotongan mata rantai, terlebih dahulu perhatikan usia pakainya. Jika masa pakai masih 3 bulan, tak masalah rantai dipotong. Terakhir, sangat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.






(sumber: otosia.com)

0 komentar:

Posting Komentar