Hemat BBM Mobil Anda


Hemat BBM Mobil Anda
(foto: techhive.com)
Ketergantungan masyarakat akan penggunaan mobil pribadi semakin tak terbendung, ditambah transportasi publik yang ada belum cukup memberikan rasa aman dan nyaman. Namun, satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa bahan bakar lama-lama akan mengalami kelangkaan dan kenaikan harga. 

Meskipun demikian, ada beberapa cara mudah bagi Anda untuk menghemat bahan bakar. Berikut di antaranya:

  • Hindari berkendara di saat jam sibuk, untuk membatasi durasi kemacetan di jalan. Seperti diketahui, proses stop and go turut pengaruhi kerja mesin menjadi lebih berat karena harus menggerakkan benda dari kondisi diam. Sehingga otomatis konsumsi bahan bakar bertambah.
  • Hindari membawa barang yang tidak perlu. Semakin bertambah bobot di mobil, maka mesin akan butuh tenaga lebih dan ini akan menambah kebutuhan BBM, tentunya.
  • Pertahankan rpm ideal, dengan tidak menginjak pedal gas terlalu dalam dengan gigi rendah. Juga usahakan tidak mengumbar tenaga secara berlebihan, terutama di jalan tol. Sebab semakin kencang mobil Anda melaju, maka kinerja mesin semakin berat.
  • Terakhir, biasakan secara rutin memeriksa tekanan ban. Sebab semakin tekanan ban rendah (kempis), maka semakin berat mobil bergerak dan penggunaan bahan bakar pun menjadi lebih boros.





(sumber: kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar