Rawat Kampas Rem Motor Anda


Rawat Kampas Rem Motor Anda
(foto: motorcycle-usa.com)
Mengendarai motor semakin menjadi pilihan utama bagi sebagian orang saat ini. Terutama saat menjalani aktivitas sehari-hari yang sangat memerlukan efisiensi waktu di tengah kemacetan jalan. Namun, sayangnya tidak sedikit dari mereka yang tidak memedulikan komponen motor mereka. Terutama dalam merawat kampas rem. 

Berikut adalah penjelasan singkat bagaimana tips merawat kampas rem motor Anda:

  • Periksa kondisi dan posisi tromol, terutama pada bagian penampang dudukan cakram. Bersihkan tromol terlebih dahulu dan pastikan penampang cakram juga dalam keadaan bersih, serta permukaan dudukan cakram rata. Hal ini penting agar piringan cakram dapat berputar secara simetris dan tidak membebani kerja kampas rem.
  • Rutin membersihkan kaliper dan pin fleksibelnya, agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Atur jarak bebas antara piringan dan kampas rem, jangan sampai keduanya saling menyentuh satu sama lain.
  • Pastikan bearing roda selalu terlumasi dengan baik agar terhindar dari terjadinya speling pada bearing, yang mengakibatkan piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem.
  • Terakhir, gunakan rem dengan semestinya. Maksudnya, usahakan setiap berkendara di jalan Anda memberikan jarak yang tidak terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda, demi mengurangi intensitas penggunaan rem yang berlebihan. Pengereman yang dilakukan secara terus menerus membuat kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi usia kampas rem. 






(sumber: semisena.com)

0 komentar:

Posting Komentar