Bersihkan Kerak di Mesin Mobil


Bersihan Kerak di Mesin Mobil
(foto: automotiveaddicts.com)
Sama halnya dengan manusia, mesin mobil juga perlu dijaga dari 'kolesterol' yang dapat menghambat kinerja mobil. Maksud kolesterol di sini adalah kerak hasil dari kotoran dan debu yang menempel di mesin, yang jika dibiarkan dan tidak dibersihkan maka akan berpengaruh negatif pada performa mesin, seperti lamban akeselrasi, boros BBM, dan juga mesin knocking.

Oleh karenanya, berikut ada tips bagi Anda untuk membersihkan ruang bakar dengan pengerjaan paling ringan:

  1. Gunakan penetran pembersih atau produk pembersih ruang bakar. Produk ini memiliki kandungan kimia yang mampu melunturkan kotoran yang berada di ruang bakar dan klep mobil Anda. Caranya, cukup nyalakan mesin mobil hingga mencapai suhu kerja. Jaga putaran mesin pada kisaran 4.000-5.000 rpm selama beberapa menit. Kotoran tumpukan hasil karbon tersebut pun akan keluar dari knalpot, hingga membaut ruang bakar mesin menjadi bersih kembali.

  2. Gunakan injector cleaner. Caranya, cukup denan memasukkan cairan kimia tersebut ke tangki bensin mobil Anda. Kotoran tersebut nantinya akan terbuang melalui gas buang.

  3. Langkah terakhir, yaitu dengan menggunakan carbon clean, dengan memasukkan cairan khusus tersebut melalui lubang busi. Lalu, diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Setelahnya, cairan tersebut disedot kembali. Dari hasil sedotan tersebut maka dapat terlihat berapa banyak kotoran yang telah berhasil diangkat dari ruang bakar.






(sumber: autobild.co.id)

0 komentar:

Posting Komentar