Waspadai Overheat pada Mesin Mobil


Waspadai Overheat pada Mesin Mobil
(foto: easturbanauto.com)
Macet parah yang ditambah dengan suhu tinggi siang hari pada musim panas, dapat memicu panas berlebihan pada mesin mobil. Meskipun begitu, kedua faktor tersebut bukanlah penyebab utama mesin mobil mengalami kondisi overheat. Berikut adalah beberapa faktor penyebab overheat yang kerap kali terjadi:

  • Sirkulasi air radiator kurang lancar, yang umumnya disebabkan oleh karat akibat kadar air berekasi dengan blok mesin. Kotoran ini lah yang mengakibatkan tidak sempurnanya sirkulasi air. Maka dari itu, lakukanlah penggantian air raidator tiap 20.000 km dengan gunakan cairan anti karat.
  • Lemahnya motor kipas yang bekerja sebagai pendingin radiator. Imbasnya proses pendinginan pun menurun. Solusinya, gantilah motor kipas tersebut, atau bahkan bila sudah parah maka kipasnya pun ikut diganti sebab biasanya poros kipas juga mengalami kerusakan.
  • Berkurangnya cairan pada radiator, yang bisa saja ditandakan dengan adanya kebocoran. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat dari adanya bekas karat mengering di sekitarnya. Jika demikian, segera ganti tutup radiator, dan lakukan perbaikan dalam mengatasi kebocoran di bengkel langganan Anda.





(berbagai sumber)

 

0 komentar:

Posting Komentar