Cara Merawat Rem Mobil Tidak Cepat Habis


Nissan Indonesia | Mobil Terbaru di Indonesia
Sumber: otosentrum.com
Meskipun bentuknya kecil, rem merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi menahan laju mobil. Banyak orang mengeluh ketika kampas rem cepat habis atau rusak. Sebenarnya, itu semua kembali pada bagaimana cara si pemilik merawat kendaraannya. Jika mengabaikan perawatan rem, maka kinerjanya jelas tidak akan optimal. Buruknya, bisa juga mengancam keselamatan penumpang. Untuk itu, rem harus dirawat secara berkala dengan cara berikut ini:

Pertama, cek kondisi minyak rem minimal satu minggu sekali. Cara ini bertujuan untuk menghindari kondisi minyak rem kosong dan mengetahui keadaan selang atau saluran rem. Terkadang, banyak kejadian selang bocor, sehingga minyak rem cepat habis dan berakibat buruk pada kenyamanan berkendara. Biasanya, minyak rem harus diganti setelah mencapai 40 ribu km atau sekitar 2 tahun.

Kedua, untuk rem cakram, lepaskan kampas rem dari dudukannya dan bersihkan permukaannya dengan ampelas kasar, kuas atau sikat kecil. Lalu, gunakan karbon khusus rem atau brake cleaner. Tak hanya itu, bensin juga bisa menjadi alternatif cairan untuk membersihkan kampas rem. Kemudian, berikan stempet atau pelumas di bagian besi penahan bagian belakang kampas rem dengan hati-hati agar tidak terkena permukaan kampas rem yang bersinggungan langsung dengan cakram. Setelah itu, pasangkan kembali kampas rem pada dudukannya.

Terakhir, untuk rem tromol, lepaskan tutup tromol terlebih dulu. Kemudian, lakukan hal yang sama dengan cara perawatan untuk rem cakram.

Cukup mudah merawat rem mobil agar tidak cepat habis. Selain itu, bisa juga menghemat biaya perawatan mobil di bengkel, kan?



(Oleh: Intan P)

0 komentar:

Posting Komentar