Atasi Suara Mengganggu pada Rem Mobil


Atasi Suara Mengganggu pada Rem Mobil
(foto: manchesterdrivinglessons.com)
Kondisi interior dan eskterior mobil yang kondusif membuat Anda semakin percaya diri dan nyaman dalam berkendara. Apalagi ditunjang dengan mesin dan komponen gerak yang sempurna. Namun, kadang Anda akan terusik oleh munculnya suara-suara 'mengganggu' dari komponen pengereman.

Salah satu penyebab munculnya suara 'ngik-ngik' tersebut biasanya adalah kotoran atau debu yang menyelip pada kampas rem. Kotoran menempel inilah yang akan membuat terasa kesat sehingga muncul suara nyaring. Untuk menghilangkannya, Anda bisa lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah tips singkatnya:

  1. Buka kaliper rem terlebih dahulu, lalu lakukan penyemprotan dengan kompresor untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada kampas rem.
  2. Bersihkan rem dengan menggunakan brake cleaner atau kuas. Tetapi, bila kotoran yang menempel cukup tebal, Anda bisa gunakan amplas kasar untuk membersihkannnya.
  3. Jangan sekali-kali membersihkannya dengan air atau minyak. Khusus minyak, ini akan berbahaya bila sampai terkena rem sebab akan membuat rem blong. 
Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Jaga dan rawat selalu kondisi mobil Anda demi mendapatkan kenyamanan berkendara. 





(berbagai sumber)


0 komentar:

Posting Komentar