Ganti Pelumas Tanpa ke Bengkel


Ganti Pelumas Tanpa ke Bengkel
(foto: tmc-motonews.com)
Bagi para pengendara motor, aktivitas mengganti pelumas menjadi agenda wajib yang dilakukan di tiap bulannya. Sayangnya, banyak dari mereka yang terlalu mengandalkan mekanik bengkel untuk melakukan ini. Padahal hal tersebut bisa dilakukan oleh Anda sendiri, lho. 

Apalagi bila Anda selalu disibukkan oleh aktivitas sehari-hari sehingga sulit untuk menyisihkan waktu untuk mampir ke bengkel, tentu mengerjakan penggantian oli sendiri di rumah bisa dijadikan alternatif. Berikut adalah langkah-langkah mengganti pelumas yang bisa Anda ikuti:

  • Gantilah oli saat mesin masih panas, sebab saat itu pelumas lebih encer sehingga mudah mengalir keluar. Jangan lupa untuk menyediakan wadah diletakkan di bawah mesin untuk menampung pelumas yang keluar.
  • Buka baut penutup pembuangan di bawah bak mesin (crankcase). Letakkan motor dengan posisi standar samping agar pembuangan lebih lancar. Lalu buka juga baut pengukurnya.
  • Gunakan kompresor untuk mempercepat proses pembersihan sisa-sisa pelumas. Bila tidak memiliki kompresor, Anda bisa injak kick starter berulang-ulang hingga meluruhkan sisa pelumas yang menempel.
  • Bersihkan filter oli. Lalu pasangkan kembali dan kencangkan baut penutup pembuangannya. Setelahnya isi bak mesin dengan pelumas sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan.
  • Pasang kembali baut pengukut. Hidupkan mesin, kemudian biarkan stasioner selama beberapa menit agar pelumas mulai bersikulasi. 
  • Setelah mesin dimatikan, silakan periksa baut pengukur, dan pastikan tinggi permukaan berada pada batas atas. Jika sudah, Anda pun sudah bisa mengendarai motor Anda kembali.






(sumber: kompas.com)


0 komentar:

Posting Komentar