Pilih Jenis-Jenis Kampas Rem


Pilih Jenis-Jenis Kampas Rem
(foto: aa1car.com)
Kampas rem merupakan komponen penting dalam sistem pengereman. Rem cakram tidak akan berfungsi dengan baik tanpa Anda ketahui seluk beluk kampas rem. Salah memilih kampas malah membuat kerja rem tidak maksimal. Terdapat macam-macam jenis bahan kampas seperti kampas semi metal, organik, ataupun sinter. 

Berikut adalah penjelasan macam-macam jenis kampas rem yang beredar di pasaran dan perlu Anda ketahui keutamaannya:

  1. Bahan semi-metal. Umumnya terbuat dari beberapa campuran metal seperti baja, tembaga, atau besi yang dilapisi pelumas berupa grafit. Kelebihan dari kampas ini adalah kemampuannya dalam suhu tinggi dibanding cakram organik. Sisi negatifnya, kampas jenis ini cenderung cepat habis dan memproduksi banyak ampas sisa pengeraman yang berimbas pada rusaknya cakram.
  2. Bahan Organik. Terbuat dari beberapa campuran material yang direkatkan dengan resin untuk membentuk kampas. Biasanya bermaterikan kaca, karbon, dan kevlar. Karakter kampas ini adalah lembut dan tak mengeluarkan banyak suara, namun kekurangannya kampas ini tidak tahan suhu panas yang terlalu tinggi.
  3. Bahan keramik. Terbuat dari paduan silikon dan karbon yang memiliki ketahanan cukup baik. Kampas jenis ini cocok digunakan pada kendaraan balap sirkuit, tetapi tidak cocok untuk kendaraan di medan berat.
  4. Bahan sinter. Lebih populer digunakan pada kendaraan motor. Tidak seperti kampas semi metal, kampas sinter tidak memerlukan pemanasan agar bekerja secara optimal. Kampas ini memiliki ketahanan yang kuat, meskipun Anda harus merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang cukup mahal.






(sumber: otosia.com)



0 komentar:

Posting Komentar