Merawat Aki Mobil, Begini Caranya


Merawat Aki Mobil, Begini Caranya
(foto: batteries-direct.nl)
Begitu penting peranan aki bagi mobil, sehingga jika ini rusak maka akan berpengaruh buruk pada komponen kelistrikan seperti lampu, AC, klakson, hingga sistem video dan audio. Dengan perawatan yang benar, maka bukan cuma menjamin komponen kelistrikan bekerja secara optimal, tapi juga akan memperpanjang usia aki itu sendiri.

Meskipun terlihat rumit, sebenarnya cukup mudah untuk merawat aki. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Ganti aki ketika jadwal penggantian sudah tiba. Untuk mempermudah pemasangan, sebaiknya Anda menggunakan aki baru yang memiliki spesifikasi sama dengan yang lama.
  • Cek selalu beban aki sebulan sekali untuk mengetahui apakah aki masih mampu menyuplai listrik cukup pada komponen-komponen kelistrikan atau tidak.
  • Bersihkan aki secara rutin. Jika kotoran debu menempel pada terminal aki dibiarkan, maka imbasnya penghantaran arus ke berbagai komponen akan terganggu. Untuk membersihkannya, Anda bisa gunakan baking soda yang telah diencerkan dengan air, serta gunakan sikat kawat untuk menyikat bagian terminal.
  • Jangan biasakan men-charge aki terlalu lama (over charging), sebab ini akan mengakibatkan komponen-komponen di dalamnya rusak.
  • Panaskan mobil secara rutin sekalipun mobil jarang digunakan untuk memperpanjang usia aki. Selain itu, bila hendak meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda melepas terminal aki terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus padahal tidak terisi ulang.







(berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar