Efek Buruk, Mobil yang Jarang Ganti Oli


mobil nissan juke | Mobil Sporty Terbaik di Indonesia | Mobil Terbaru di Indonesia
www.nissan.co.id

Oli merupakan kompenen penting bagi mobil Anda, sehingga perawatan mobil yang paling penting untuk dilakukan ialah mengganti Oli mobil secara teratur.  Pasalnya, bukan hanya kerusakan kecil yang akan dialami jika penggantian Oli tidak dilakukan secara teratur, namun juga dapat menimbulkan kerusakan fatal. Berikut ialah beberapa dampak buruk yang ditimbulkan akibat terlambat atau bahkan tidak pernah mengganti oli mobil:

1.    Borosnya Bahan Bakar
Dampak yang akan terasa saat Anda malas untuk mengganti oli mobil ialah borosnya konsumsi bahan bakar mobil Anda. Oli berfungsi untuk memperhalus gesekan pada mesin mobil. Sehingga oli yang jarang diganti akan menyebabkan gesekan pada mesin menjadi kasar dan berat, hal itulah yang akan berdampak pada konsumsi bahan bakar mobil Anda.

2.       Mesin Mudah Overheating
Oli Pada kendaraan juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Maka itu, keterlambatan mengganti oli bisa menyebabkan daya fungsi oli menjadi semakin lemah, fungsi pendingin bagi mesin pun akan sulit untuk dilakukan. Jika hal tersebut dibiarkan, semakin lama keadaan mesin pun akan terus panas atau overheating.

3.       Kerusakan Komponen Mesin
Sebagai pelumas dalam mesin, oli tentu saja berperan penting. Jika oli mobil tidak Anda ganti secara teratur, keadaan oli dalam mesin pun akan semakin kotor dan kental, kinerja untuk melumaskan gesekan pada mesin pun akan menurun. Jika hal tersebut dibiarkan, kondisi pada komponen mesin pun akan rusak, tegores, karatan, atau bahkan terbakar. Semua hal tersebut tentunya akan memberikan dampak buruk bagi mobil Anda.

Memiliki mobil Nissan Juke yang digunakan sebagai city car  tentunya memang harus diikuti dengan perawatan yang sesuai kebutuhannya, dengan begitu kondisi mobil Anda pun akan berfungsi dengan baik.



(Oleh: Julianti N.A)

0 komentar:

Posting Komentar