Mobil Jarang Dipakai, Inilah Cara Merawatnya!



Nissan Indonesia | Mobil Irit BBM di Indonesia | Mobil Terbaru di Indonesia


Semua kendaraan tentunya butuh perawatan secara berkala selama pemakaiannya agar kondisi tetap terjaga prima. Tapi, bagaimana jika mobil yang dimiliki ternyata jarang dipakai?

Pengendara harus memperhatikan komponen mobil yang sangat riskan da butuh diganti sesuai masa pemakaiannya, misalnya oli. Selain itu, pengendara juga harus melakukan beberapa langkah perawatan, sebagai berikut:


  1. Cek level oli mesin dan tambahkan pelumas jika dirasa kurang dari batas normal.
  2. Cek level oli powerstreering dan minyak rem dan sesuaikan dengan ukuran normal.
  3. Cek air radiator dan gunakan air khusus untuk radiator yang punya kualitas lebih baik daripada air biasa.
  4. Cek air aki mobil jika masih menggunakan aki basah dan tambahkan air aki yang biasa dipakai oleh pengendara untuk mobilnya.
  5. Cek air wiper dan level air wiper dan tambahkan air jika sekiranya berkurang dari level normal.
  6. Hidupkan mesin mobil dan cek semua pedal, seperti rem, kopling, gas dan perseneling untuk mengetahui keadaannya tetap berfungsi dengan baik.
  7. Jangan lupa juga untuk cek semua lampu kendaraan, seperti lampu utama, lampu kabut, lampu deam dan lampu sign dan pastikan semuanya masih berfungsi dengan sempurna.


Meskipun jarang memakai mobil untuk mobilitas sehari-hari, luangkan sedikit waktu untuk menyalakan mesin minimal sehari sekali pada pagi hari. Tak perlu waktu lama, 10 menit sudah cukup. Selamat mencoba!



(Oleh: Intan P)

0 komentar:

Posting Komentar