Musim Banjir, Waspadai Mobil Terendam Air



 Nissan Indonesia | Mobil Terbaru di Indonesia | Mobil Matic Terbaik di Indonesia
Sumber: carmudi.co.id

Di awal 2016 ini, hujan sering mengguyur beberapa daerah di Indonesia, khususnya JABODETABEK. Tentunya, keadaan ini menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat jika banjir kembali menenggelamkan rumah-rumah, termasuk kendaraan pribadi.

Untuk menangani situasi tersebut, ada baiknya pemilik kendaraan tidak langsung panik. Untuk menyelamatkan mobil dari banjir, pemilik harus segera melepaskan kabel negatif pada aki. Hal ini bertujuan untuk menghindari arus pendek yang dapat merusak ke komponen lain.

Setelah itu, bergegaslah untuk mematikan rem parkir. Untuk mobil matic, gunakanlah batu atau memasukkan perseneling ke gigi 1 atau posisi P. Dengan begitu, kanvas rem tidak akan cepat melekat, apalagi untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol. Jangan lupa mengecek oli atau pelumas pada mesin, transmisi dan bagian mobil lainnya karena berpotensi akan tercampur air.

Terakhir, jika mobil sudah memungkinkan untuk dikendarai, bawalah ke bengkel resmi teredakat untuk dilakukan pengecekan menyeluruh. Cara ini dapat meminimalisir kerusakan parah ketika mobil terendam banjir.



(Oleh: Intan P)

0 komentar:

Posting Komentar