Ketahui 5 Penyebab Mobil Boros BBM


www.nissan.co.id

Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan pemilik kendaraan roda empat adalah borosnya bahan bakar minyak (BBM). Masalah ini kerap membuat pemilik mobil merasa jengkel karena harus sering mengisi BBM dan menghabiskan banyak pengeluaran. Namun, apakah yang sebenarnya menyebabkan mobil menjadi boros BBM?

Busi

Kondisi busi yang kotor bisa menjadi penyebab mobil boros BBM. Oleh karena itu, bersihkan seluruh bagian busi dari kerak oli dengan ampelas atau sikat besi. Selain itu, busi yang sudah berwarna kekuningan, busi meleleh, busi pecah dan lain sebagainya, ada baiknya diganti. Gangguan pada busi atau sistem pengapian lainnya akan menyebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna karena hanya sedikit yang terbakar dan menjadi tenaga, sedangkan sebagian tidak terbakar dan menguap bersama udara melalui knalpot.

Karburator atau injektor

Komponen pada sistem saluran bahan bakar mobil ini sangat penting. Jika karburator mengalami kerusakan fungsi, seperti ada sumbatan pada pipa-pipa kecil, maka hal itu akan mengganggu aliran BBM ke ruang bakar dan berakibat pada jumlah atau debit aliran BBM tidak stabil. Cara mengetahui karburator kelebihan dalam menyalurkan BBM ke ruang bakar adalah dengan melihat kondisi knalpot. Jika keluar asap hitam yang terasa pedih di mata, berarti karburator perlu dikalibrasi (stel ulang karena boros).

Klep mesin

Posisi klep di mesin akan berubah saat mobil telah berumur 5 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan jika mobil baru bisa boros karena posisi klep mesin yang tidak baik. Klep yang terlalu rapat lebih boros bahan bakar karena saat pedal gas diinjak, maka klep akan terbuka lebar, sedangkan saat pedal gas tidak diinjak, bensin yang masuk ke ruang bakar sedikit sehingga tersendat-sendat hal ini memaksa kamu untuk menginjak pedal gas.

Ban mobil

Ban yang terlalu banyak kembang seperti ban off-road akan sangat berat digunakan di medan aspal, akibatnya banyak tenaga yang dikeluarkan untuk menggerakkan mobil. Artinya, akan lebih banyak BBM yang harus dibakar untuk menjalankan mobil.

Saringan udara

Filter atau saringan udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Jika filter tidak dibersihkan, maka udara yang masuk tersendat-sendat atau sangat sedikit. Hal itu membuat BBM tidak bisa tercampur dengan udara dengan optimal. Akibatnya, banyak BBM yang tidak terbakar dan menguap keluar melalui knalpot.

0 komentar:

Posting Komentar