Kunci Mobil "Nyangkut?" Jangan Panik!


Sumber: locktechsandiego.com

Kita semua tahu betapa menyebalkannya kalau kunci mobil macet dan tersangkut dalam lubang key ignition mobil saat sedang terburu-buru. Meninggalkan kunci tersangkut di situ pun tak mungkin karena memperbesar resiko mobil kita dicuri. Tapi jangan panik, ada beberapa cara mudah yang bisa kita semua coba apabila hal ini terjadi.

Banyak orang membuat kesalahan dengan menempatkan kunci terlalu jauh dalam posisi "off". Pastikan kunci berada tepat dalam posisi "off", jangan menekan kunci terlalu dalam serta jangan memutarnya lebih dari yang diperlukan. Jika mobil Anda otomatis, pastikan mobil berada dalam posisi "park".

Jika kunci sudah dalam posisi yang benar serta parking mode namun masalah tetap terjadi, Anda bisa mencoba hal ini. Putarlah kemudi ke kiri dan kanan secara perlahan sambil mencoba untuk menarik kunci. Tapi ingat, lakukan secara perlahan tanpa memakai banyak tenaga agar tak merusak komponen setir maupun ignition.

Mendongkrak bagian depan mobil juga dapat dicoba. Hal ini dikarenakan dapat membuat steering wheel bergerak dengan leluasa. Coba cabut kunci sembil menggerakkan setir secara halus.

Ide lain untuk mengatasi kunci mobil yang tersangkut dalam lubang ignition adalah dengan menggunakan es. Gunakan plastik untuk menaruh es yang telah dihancurkan lalu 'gulung' kepala kunci mobil dengan es tersebut selama kurang lebih 15 menit. Efek kontraksinya dapat menempatkan kunci ke posisi aslinya. Setelah itu, cobalah mencabut kunci secara perlahan.

Yang perlu diingat adalah, jika situasi makin memburuk dan tak bisa diatasi sendiri, segera hubungi tukang kunci mobil atau mekanik yang Anda percaya.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.mariong.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus