Ini Dia Mobil-mobil Elektrik Tercepat di Dunia (Bagian II)


Sumber: plasmaboyracing.com

Di masa lalu, mobil elektrik identik dengan kendaraan lambat, jangkauan tempuh terbatas dan takkan mampu bersaing secara kecepatan dengan mobil berbahan bakar minyak. Anggapan itu, bisa menjadi tinggal sejarah sekarang. Berikut adalah beberapa mobil bertenaga elektrik tercepat di dunia saat ini.

Spark Renault SRT_01E
Desainnya, memang mirip dengan mobil balap Formula Satu (bahkan mungkin lebih keren buat beberapa orang). Tentu saja mirip karena memang mobil ini dibuat untuk kejuaraan balap baru khusus mobil elektrik, The Formula E. Kemampuannya sudah jelas nggak perlu diragukan lagi, hanya butuh waktu 3 detik bagi mobil balap elektrik ini untuk melesat ke 100 km/jam!

Wrightspeed X1
Para ahli mekanik otomotif di Wrightspeed secara luar biasa mengubah total sebuah mobil Ariel Atom berbahan bakar minyak menjadi monster listrik berkecepatan luar biasa ini. Dengan waktu 2,9 detik, X1 dapat berakselerasi ke 60 mil/jam. Sayangnya, Wrightspeed sudah menyatakan kalau mobil ini takkan pernah menjadi sebuah brand produksi massal.

Rimac Concept One
Biaya produksi per unit mobil ini, mencapai 1 juta US dollar! Untuk mengurangi bobot dasarnya, Rimac memakai carbon fiber di keseluruhan body dan carbon fiber monocoque untuk chassis-nya. Mesin penghasil 1.088 tenaga kuda miliknya membuat Rimac bisa berlari dari 0 ke 60 mil/jam cukup dengan 2,8 detik saja.

PlasmaBoy Racing White Zombie
Namanya angker ya? Mobil ini adalah sebuah 1972 Datsun yang sudah dimodifikasi habis-habisan pada bagian mesin. Motor bertenaga baterai listrik yang PlasmaBoy gunakan adalah sebuah desain prototipe untuk mesin helikopter Angkatan Laut Amerika Serikat seharga $100,000. Mesin semahal itu bisa membuat mobil ini melesat ke kecepatan 60 mil/jam hanya dengan waktu 1,8 detik. Iya betul Anda nggak salah baca, satu koma delapan detik!

The Grimsel
Dikembangkan oleh para peneliti asal Swiss yang tergabung dalam nama AMZ Racing Team, Grimsel saat ini adalah mobil elektrik tercepat di dunia. Kemampuan akselerasi ke 60 mil/jam-nya adalah 1,785 detik, sedikit lebih unggul dari White Zombie. Meski berukuran kecil dan berbobot hanya 370 pon, kekuatan yang mampu dihasilkan Grimsel mencapai 200 tenaga kuda.

Baca juga yang sebelumnya Ini Dia Mobil-mobil Elektrik Tercepat di Dunia (Bagian I)

0 komentar:

Posting Komentar