Vega, Electric Supercar Asal Srilangka


 Sumber: evworld.com

Tampilannya, ala supercar mewah Eropa. Kekuatannya, diklaim mencapai 900 tenaga kuda. Diberi nama Vega, ini dia supercar elektrik yang berasal dari negara kepulauan, Srilangka.

Terkejut? Srilangka? Ya betul, negara yang mungkin lebih dikenal di dunia akan teh dan industri pariwisatanya itu kini mulai mencoba untuk masuk dalam pasar mobil mewah dunia. Memang, ini masih sebuah concept car, tapi yah setidaknya, mereka sedang berusaha untuk ke arah pasar dunia.

Uniknya, mobil ini justru dikembangkan bukan oleh sebuah pabrikan otomotif, namun oleh CodeGen, perusahaan developer software asal ibu kota Srilangka, Colombo. Perusahaan yang dipimpin pengusaha teknologi Harsha Subasinghe itu normalnya mengerjakan proyek-proyek digital/software untuk bisnis travel dan pariwisata.

Dari perspektif teknologi, duo motor elektrik menjadi sumber tenaga bagi dua roda belakang. Baterainya adalah sebuah on-board lithium ion. Semua teknologi tinggi dan mesin 900 tenaga kuda ini membuat Vega diklaim mampu mencapai top speed hingga 150 mil/jam.

Srilangka sendiri dinilai banyak pihak sebagai salah satu negara Asia yang paling pesat dalam perkembangan teknologi. Poin utamanya adalah mereka mampu bangkit dari perang saudara dan tsunami yang pernah menyerang negara ini.

0 komentar:

Posting Komentar