Three-Wheeler yang Satu Ini Super Multifungsi!


Sumber: i.kinja-img.com

Perusahaan Aisin Seiki bekerjasama dengan Chiba Institute of Technology, keduanya dari Jepang, untuk membuat sebuah kendaraan elektrik beroda tiga. Uniknya, electric vehicle yang satu ini dapat menjadi 4 tipe bentuk sekaligus!

Sebenarnya, kendaraan yang diberi nama Ily-A ini berbasis three-wheeler. Diluncurkan pertama kali sekitar seminggu yang lalu di Jepang, Ily-A dapat diubah-ubah sesuai keperluan menjadi sepeda motor kecil beroda tiga, sebuah skuter yang dikendarai berdiri, menjadi caddie tarik bertenaga listrik, dan menjadi 'gerobak' kecil untuk mengangkut barang (mirip trolley).

Secara garis besar, konsep three-wheeler elektrik ini amatlah menarik: menjadi kendaraan mini untuk padatnya kota-kota sibuk (seperti Tokyo, contohnya) dan kendaraan 'pengangkut'. Sebuah sensor infra merah sengaja ditempatkan di bagian setangnya. Sensor tersebut dapat mengaktifkan rem darurat.

Pihak Chiba Institute of Technology mendapat bagian untuk mengurus masalah desain dan pengembangan teknologi dari Ily-A, sedangkan Aisin pada urusan produksi dan pemasaran. Untuk saat ini, belum ada nilai harga jual resmi yang diumumkan untuk kendaraan elektrik prototipe ini. Ditunggu saja.

0 komentar:

Posting Komentar