Tips Praktis Merawat Wiper Mobil



Nissan Indonesia | Mobil Terbaru di Indonesia | Mobil Irit BBM di Indonesia
Sumber: autobild.co.id

Di musim pancaroba yang tak menentu, apalagi jika hujan turun berhari-hari, mobil akan menjadi cepat kotor. Oleh karena itu, peran wiper mobil bekerja lebih banyak dari biasanya. Biasanya, wiper yang jarang dirawat atau dibersihkan akan lebih cepat rusak jika digunakan secara terus-menerus.

Di samping  itu, wiper rusak bisa terjadi karena ada masalah pada komponen sistem mekanik wiper, dinamo, gigi dan sistem listriknya. Agar wiper dapat kembali berfungsi dengan baik, maka Anda perlu lebih memperhatikan kondisi wiper dengan cara merawatnya secara rutin. Untuk itu, lakukanlah tips berikut ini.

  1. Cek kondisi karet wiper mobil terlebih dulu. Jika ada retakan atau karet yang sudah rusak, maka sebaiknya ganti wiper dengan yang baru.
  2. Saat membersihkan wiper, jangan mengelap pinggiran karet karena akan menghilangkan bagian komponen lapisan kimia yang sejatinya mampu menjaga keelastisitasan karet wiper.
  3. Jangan lupa memasang stand atau penyanggah saat wiper sedang dibersihkan agar karet tidak menempel pada kaca mobil.
  4. Untuk membersihkan karet wiper, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih wiper yang bisa dibeli di bengkel atau toko peralatan mobil.
  5. Anda juga perlu memerikas bagian poros wiper secara berkala dengan menyemprotkan pelumas khusus untuk menjaga kemulusan pergerakan wiper saat bekerja.

Semua komponen kendaraan memiliki batas waktu pemakaian, termasuk wiper mobil Anda. Namun, jika Anda rajin merawatnya, life-time komponen kendaraan bisa bertahan lebih lama.



(Oleh: Intan P)

0 komentar:

Posting Komentar