Ini Dia Cara Hindari Ban Cepat Tipis



Nissan Indonesia | Mobil Baru Nissan | City Car Terbaik di Indonesia
Sumber: olx.co.id

Sebagai komponen yang sangat penting dalam kendaraan, ban memiliki performa 'sehat' yang relatif pendek. Ban kendaraan bisa cepat tipis karena beberapa faktor, seperti kualitas ban itu sendiri dan cara pemakaian mobil pengendara yang tidak apik.

Untuk mencegah ban cepat tipis, lakukanlah pemeriksaan ban mobil dan tekanan anginnya secara berkala. Anda wajib memberikan tekanan angin ban mobil sesuai dengan kapasitas dari jenis ban yang digunakan.

Jika tekanan angin kurang atau lebih, akan menyebabkan kondisi ban yang kurang nyaman saat digunakan dalam perjalanan. Selain itu, beban berlebih pada ban akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros.

Jangan melupakan komponen-komponen yang berhubungan dengan ban, seperti bearing atau hub, sehingga mudah mendeteksi kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut. Bearing termasuk bagian penting yang jika rusak akan menyebabkan keausan pada bagian telapak ban.

Tak hanya itu, untuk mengindari risiko ban cepat tipis, berkendaralah lebih hati-hati dengan memilih jalan yang halus, rata dan tidak berlubang. Satu hal lagi, usahakan jangan terlalu sering mengerem dan berakselerasi secara spontan atau mendadak. Selamat mencoba!



(Oleh: Intan P)

0 komentar:

Posting Komentar