Faktor-faktor Penyebab Getaran Berlebihan pada Mobil


Sumber: autorepairtechnology.net

Getaran yang berlebihan pada mobil dapat terasa sangat menyebalkan, terutama jika tak pernah terjadi sebelumnya. Diagnosis yang simpel dan murah terhadap apa penyebab getaran pada mobil ternyata dapat Anda lakukan sendiri. Apa saja alasan utama terjadinya getaran berlebih pada mobil?

Campuran bahan bakar yang kurang bagus 
Campuran bahan bakar yang berkualitas buruk dapat menyebabkan getaran berlebih dan bunyi-bunyi ketukan tidak jelas pada mobil. Ini disebabkan karena bahan bakar ini mengandung tingkat octane rendah yang membuat mesin bekerja lebih keras saat dioperasikan. Cara mendeteksinya cukup mudah, dengan mendengarkan perubahan suara dari mesin saat sehabis mengisi bahan bakar. Apabila getaran berlebih muncul dan bunyi berubah secara tiba-tiba, bisa dipastikan Anda mengisi mobil dengan bahan bakar berkualitas rendah.

Inflasi ban yang buruk
Getaran berlebihan dari tidak seimbangnya inflasi ban ini hanya dapat dirasakan saat mobil berjalan.

Engine Mount yang telah usang
Engine Mount yang telah usang atau rusak membuat gerakan berlebihan yang tak perlu di dalam mesin. Hal tersebut berujung kepada kontak antar metal di dalam mesin. Akibatnya, selain bunyi tidak enak, adalah getaran berlebih saat melakukan akselerasi atau mengurangi kecepatan.

Mesin dengan performa lemah yang membakar oli mesin 
Saat adanya kekurangan oli untuk melumasi ring piston agar tetap beroperasi dengan 'mulus', mesin bekerja lebih keras dan membuat mobil bergetar secara berlebihan. Pada beberapa kasus, menggunakan oli dengan tingkat kekentalan amat rendah pada mesin mobil yang sudah berumur juga dapat menimbulkan getaran berlebihan.

Selain beberapa poin di atas, ada beberapa hal yang juga menimbulkan getaran berlebihan pada mobil seperti; kompresor AC yang sudah lemah, balancing roda yang buruk dan lain-lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar