Allen Swift, Pemegang Rekor "Pemilik Sebuah Kendaraan Terlama di Dunia"


Sumber: vehiclepassion.com

Pernah terbayang bagaimana rasanya memiliki mobil yang sama selama 78 tahun?

Allen Swift, yang wafat pada tahun 2005 lalu di usia 102, adalah seorang penggemar berat dunia otomotif. Selain memegang rekor dunia sebagai "pemilik satu kendaraan terlama di dunia", Swift bahkan telah memastikan kalau kendaraan miliknya akan tetap 'hidup' meski dirinya telah wafat.

Swift menerima sebuah Rolls-Royce Piccadilly P1 Roadster sebagai hadiah kelulusan dari kakeknya pada tahun 1928. Layaknya anak muda, saat itu Swift sangat mencintai mobilnya ini. Ia menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari dan selalu merawatnya dengan baik.

Atas kecintaan dan lama waktu kepemilikannya atas mobil tesebut, Rolls-Royce bahkan menganugerahi Swift sebuah penghargaan Spirit of Ecstacy yang terbuat dari kristal pada tahun 1994. Total tahun kepemilikan Swift atas mobilnya ini adalah selama 78 tahun.

Swift mendonasikan uang sejumlah 1 juta US dollar kepada Springfield Museums untuk membeli sebuah gedung di Springfield, Amerika Serikat. Gedung tersebut lalu diubah menjadi sebuah museum untuk warga dan sekaligus menjadi tempat penyimpanan Rolls-Royce miliknya. Museum tersebut dibuka setahun sesudah ia wafat dan sekarang dengan bangga memamerkan Rolls-Royce Piccadilly P1 Roadster milik Swift di bagian Seksi Transportasi bersama mobil dan sepeda motor lainnya.

Allen Swift mungkin telah lama tiada, namun mobil Rolls-Royce Piccadilly P1 Roadster miliknya dan kisah ini akan selalu hidup.

0 komentar:

Posting Komentar