Peran Penting Busi dan Kabelnya pada Mobil


 Sumber: pad3.whstatic.com

Kabel busi memang tampak seperti kabel standar pada umumnya. Tapi sebenarnya, mereka menjalani tugas yang teramat penting. Misi mereka adalah menghantarkan listrik dari baterai mobil kepada busi. Tanpa busi yang berjalan dengan baik, mesin akan mengalami kegagalan beroperasi.

Kendaraan era modern saat ini biasanya menggunakan busi berlapis iridium atau platinum yang dapat bertahan hingga kira-kira 60 ribu mil. Sementara busi standar dari tembaga untuk mobil-mobil yang lebih tua mampu bertahan selama 10 ribu sampai 20 ribu mil.

Walaupun begitu, meski memakai busi mobil terbaik sekalipun, kondisi kabel busi tetaplah harus dijaga karena sangat terpengaruh dengan abrasi dari getaran mesin, selubung kabel yang usang, kebocoran cairan, atau proses pasang cabut pada kabel yang berulang-ulang.

Ketika mesin mobil macet, banyak sekali faktor potensial yang bisa menjadi penyebabnya. Namun kebanyakan, adalah karena adanya masalah akibat busi atau kabel busi yang telah usang. Hal tersebut bisa mengakibatkan adanya kebocoran listrik, hingga membuat tidak cukupnya jumlah tenaga dan percikan api pada busi untuk melanjutkan pembakaran pada mesin.

0 komentar:

Posting Komentar