Teknologi Mobil yang Ternyata Sudah Ada Sejak Lama (Bagian I)


Sumber: jesda.com

Semua inovasi "digital" di industri otomotif berkembang pesat selama sekitar 20 tahun terakhir. Itu adalah sebuah fakta yang tak bisa dipungkiri. Tapi, ternyata ada beberapa inovasi teknologi pada mobil yang berumur lebih tua dari yang kita kira.

In-car navigation
Siapa sangka, teknologi ini telah muncul sejak tahun 1985 lewat General Motors. Uniknya, mereka berpartner dengan Etak, yang juga menjadi backup utama dari video game Atari. Sistem yang menggunakan microprocessor 16-bit ini memproyeksikan data pada sebuah layar berukuran 4,5 inci. Hebatnya lagi, teknologi ini tidak/belum memakai bantuan satelit.

Website perusahaan otomotif
Pada tahun 1986, jelas ini bukan hal yang umum, namun produsen otomotif Buick sudah melakukannya. Secara teknikal, ini tak bisa sepenuhnya dikatakan sebuah website. Buick hanya menyebarkan sebuah brosur elektronik dengan grafik 8-bit pada pembeli (calon pembeli) berbentuk disket Apple II. Isi disket tersebutlah yang berisi hal sederhana yang akan kita temukan di website produsen otomotif jaman sekarang seperti technical specs dan dealer info.

Atap yang dapat dibuka
Ternyata, Peugeot sudah mengaplikasikan inovasi ini sejak tahun 1935. Menggunakan sistem hydro-mechanical yang dikembangkan oleh Georges Paulin, teknologi ini pertama dipasang pada sebuah Peugeot 402 Eclipse Decapotable.

Backup camera
Dikembangkan oleh Volvo pada tahun 1972. Nama programnya Volvo Experimental Safety Car (VESC) dan berbentuk sebuah kamera backup yang dipasang di antara lampu belakang.

Heads-up display (HUD)
Usaha untuk mewujudkan kaca depan yang dapat memvisualisasikan informasi/data/gambar ternyata sudah dikembangkan General Motors sejak tahun 1988 lewat model Oldsmobile Cutlass Supreme mereka. Sampai saat ini, sepertinya mereka masih terus mengembangkan inovasi ini supaya benar-benar bisa terwujud.

Directional driving lamps
Cadillac, pada tahun 1931 mencoba mengembangkan sebuah lampu depan yang dapat mengikuti gerakan roda kemudi. Membantu dalam cornering yang sulit, lampu ini dipasangkan pada bumper depan.

0 komentar:

Posting Komentar