Helm Pintar Pencegah Kecelakaan bagi Pengendara Sepeda


Sumber: wareable.com

Beberapa waktu lalu, Volvo diberitakan sedang bekerjasama dengan POC (sebuah produsen alat-alat pelindung olahraga) dan Ericsson dalam mengembangkan sebuah teknologi berbasis smartphone yang berbentuk helm pengendara sepeda. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menghindari kecelakaan antara pengendara sepeda dengan mobil.

Ide dasar proyek ini sebenarnya simpel, tetapi cukup cerdas. Intinya, Volvo berusaha mengembangkan sebuah sistem yang menghubungkan antara pengendara sepeda pemakai smartphone dengan mobil-mobil Volvo di sekitarnya. Sistem tersebut akan memperingatkan pengemudi mobil dan pengendara sepeda di saat ada potensi tabrakan antara keduanya.

Bagi sang pengendara sepeda, data tentang posisi dan komunikasi sistem ini didapatkan dengan mengaktifkan sebuah aplikasi di smartphone mereka. Si pengendara sepeda akan mendapatkan sebuah peringatan dari nyala lampu yang ada di helm canggih yang mereka pakai. Sementara itu, si pengemudi mobil juga akan mendapatkan peringatan dari nyala lampu atau dari sebuah indikator HUD.

0 komentar:

Posting Komentar