Petunjuk Simpel Menghemat Pemakaian Bahan Bakar


Sumber: homeguide411.com

Harga bahan bakar naik terus tak pernah turun. Hal tersebut mungkin memang sudah tak bisa dihindari lagi. Namun, kita semua masih tetap bisa menghemat penggunaan bahan bakar agar pengeluaran biaya tak terlalu membengkak.

Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengurangi beban bawaan pada mobil. Makin banyak beban yang ditanggung mobil, makin banyak pula konsumsi bahan bakarnya. Turunkan  barang-barang bawaan yang tak perlu pada mobil.

Parkirlah mobil dengan posisi mundur. Hal ini dikarenakan saat nanti Anda menyalakan mobil kembali, mobil yang berjalan maju (saat keluar slot parkir) membutuhkan tenaga bahan bakar yang lebih sedikit.

Pertahankan kondisi prima mobil dengan cara melakukan perawatan berkala dan selalu mengikuti anjuran dari manual book produsen mobil Anda. Mengganti oli mesin dan filter udara terbukti dapat menghemat pemakaian bahan bakar secara signifikan hingga sekitar 10% atau lebih.

Ban dengan putaran dan inflasi yang baik juga sangat berpengaruh pada penghematan bahan bakar. Demikian juga dengan penggunaan AC saat melaju cepat di jalan tol dan (sebisa mungkin) mematikan AC dan membuka jendela ketika menembus jalanan perkotaan yang padat merayap.

Yang terakhir, selalu ikuti batas kecepatan yang ada. Semua orang tahu bahwa mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi dan menekan pedal gas secara agresif dapat menyedot lebih banyak bahan bakar.

0 komentar:

Posting Komentar