Teknologi Touchscreen Pertama pada Mobil?


Sumber: autoblog.gr

Di jaman sekarang, teknologi touchscreen pada mobil mungkin sudah menjadi sebuah hal yang umum. Tapi jika kita tarik lagi ke belakang menuju tahun 80an, teknologi ini mungkin adalah sebuah terobosan paling mutakhir.

Yang tidak banyak diketahui orang adalah, salah satu pengembang paling pertama teknologi touchscreen pada mobil ini adalah produk generasi ketujuh dari 1987 Buick Riviera, yang dirilis pada tahun 1986. Diberi nama "Graphic Control Center (GCC)", sistem ini menggunakan sebuah sinar katoda dengan layar black and green dual-color.

GCC memungkinkan pengemudi untuk mengontrol sistem navigasi, radio dan climate control. GCC juga memiliki diagnosa sistem yang mengecek kondisi rem, powertrain dan kelistrikan mobil. Pengemudi juga dapat memeriksa level bahan bakar dan apakah ada pintu yang terbuka atau kurang rapat tertutupnya.

Sistem yang sama juga sempat diterapkan Buick pada produk lanjutan mereka, Reatta. Sayangnya, hardware sistem ini dihentikan penggunaannya pada tahun 1990 setelah Buick banyak menerima komplain yang menyatakan bahwa sistem GCC mengganggu konsentrasi mengemudi.

Graphic Control Center (GCC) 1987 Buick Riviera (video):

0 komentar:

Posting Komentar