Tiga Sumber Suara Aneh dari Mobil yang Harus Diperiksa (Bagian I)



Sumber: df_blogs_media.s3.amazonaws.com

Secara garis besar, suara-suara tak lazim dari mobil muncul dari tiga titik utama: dari dalam kap mesin, dari sistem kemudi, dan dari komponen-komponen ban depan. Ketiga bagian ini adalah penyebab terbesar suara aneh dari mobil yang harus diwaspadai karena bisa saja suara-suara ini adalah gejala awal adanya masalah serius.

Sistem Kemudi
Salah satu suara yang paling umum muncul dari komponen roda setir adalah bunyi "klik". Bunyi ini biasanya makin memburuk dari waktu ke waktu, terutama saat situasi kecepatan mobil ditambah atau ketika roda setir dibelokkan.

Bunyi "klik" dapat menunjukkan berbagai masalah yang mungkin terjadi seperti sendi-sendi CV yang sudah aus, bantalan di dalam kolom setir yang telah usang atau level cairan power steering yang rendah.

Roda setir yang menggunakan sistem power-steering juga amat berpotensi untuk menimbulkan suara "menjerit". Bunyi aneh tersebut adalah indikasi dari sabuk power-steering yang tergelincir dari posisi aslinya.

Munculnya bunyi-bunyian aneh seperti yang disebutkan di atas jelas tidak dapat diabaikan dan harus segera dicari tahu penyebabnya. Jika dibiarkan, masalah ini dapat berkembang menjadi lebih parah dan bisa mengancam nyawa.

0 komentar:

Posting Komentar