Perkembangan Teknologi Jalan Raya (Bagian I)


Sumber: i2.cdn.turner.com

Di dunia otomotif, pesatnya perkembangan teknologi pada kendaraan juga sudah mulai dibarengi oleh inovasi pada jalan raya. Pada beberapa negara, jalan raya dari bahan aspal sudah banyak diganti oleh jalan lebih ramah lingkungan berbahan dasar resin yang diberi nama Eco-Pave. Beberapa peneliti bahkan sedang mengembangkan kontruksi jalan dari bahan plastik daur ulang. Apa saja teknologi canggih jalan raya yang akan dan sudah dikembangkan?

Dynamic Paint
Sudah diuji coba sejak tahun lalu di Brabant, Belanda. Teknologi ini adalah sebuah simbol-simbol yang muncul pada permukaan jalan dan mengindikasikan temperatur panas atau dingin yang bisa mempengaruhi kondisi berkendara.

Marka jalan glow in the dark
Teknologi ini juga diuji di kota Brabant, Belanda, pada tahun 2013. Sesuai sebutannya yang "glow in the dark", marka jalan yang ada di jalan canggih ini bisa dilihat tanpa bantuan lampu.

Jalan raya anti es
The Anti-Icing Roads sudah diuji coba sejak tahun 2013 di Crandon, Wisconsin, Amerika Serikat. Permukaan jalan hi-tech ini mempunyai de-icer natural yang dapat mencegah terbentuknya es di jalan.

Lampu jalan interaktif bertenaga angin
Yang satu ini masih dalam tahap pengembangan dan diharapkan bisa benar-benar diuji pada tahun 2018 di Brabant, Belanda. Lampu jalanan ini hanya akan menyala saat ada mobil yang melintas dan mendapatkan tenaganya dari angin.

0 komentar:

Posting Komentar