Tiga Sumber Suara Aneh dari Mobil yang Harus Diperiksa (Bagian II)


Sumber: df_blogs_media.s3.amazonaws.com

Secara garis besar, suara-suara tak lazim dari mobil muncul dari tiga titik utama: dari dalam kap mesin, dari sistem kemudi, dan dari komponen-komponen ban depan. Ketiga bagian ini adalah penyebab terbesar suara aneh dari mobil yang harus diwaspadai karena bisa saja suara-suara ini adalah gejala awal adanya masalah serius.

Seluruh komponen ban depan
Dari roda setir, kita menuju ke roda depan beserta seluruh komponennya. Bagian ini adalah salah satu komponen mobil yang potensial sering mengeluarkan suara-suara ganjil dibanding komponen mobil lainnya.

Salah satu yang paling umum adalah suara layaknya "jeritan", "lenguhan" atau "erangan" saat Anda menginjak rem. Pada beberapa kasus, bahkan suara aneh yang terdengar adalah bunyi "menggiling" yang keras dari roda depan. Penyebab yang paling mungkin dari gejala ini adalah bantalan rem yang sudah mulai usang. Cepat periksa dan ganti bantalan rem sebelum bunyi yang lebih parah, yaitu bunyi besi beradu (menyeramkan), terjadi.

Bunyi "memekik" dari komponen ban depan yang berhubungan dengan rem dapat timbul karena hal-hal berikut: debu dan kotoran, sepatu rem yang terganggu/rusak atau sudah lemah, backing plate bengkok, serta kondisi minyak rem yang sudah buruk atau mengeras.

Selain adanya masalah pada rem, bunyi tak wajar dari komponen roda depan juga bisa terjadi karena bantalan roda yang longgar atau usang serta CV joint dan sendi-sendi yang aus. Beberapa masalah tak umum lain yang dapat menimbulkan bunyi aneh adalah bantalan roda yang sudah tidak bagus dan roda bengkok.

0 komentar:

Posting Komentar