Teknologi Mobil yang Ternyata Sudah Ada Sejak Lama (Bagian II)


Sumber: coins-bloc.com

Semua inovasi "digital" di industri otomotif berkembang pesat selama sekitar 20 tahun terakhir. Itu adalah sebuah fakta yang tak bisa dipungkiri. Tapi, ternyata ada beberapa inovasi teknologi pada mobil yang berumur lebih tua dari yang kita kira.

Car phones
Berbagai produsen otomotif ternyata sudah memikirkan hal ini bahkan sejak tahun 1946. Secara teknik memang bukanlah sebuah telepon betulan, melainkan hanya sebuah two-way radio yang harus disambungkan lewat bantuan operator.

Heated car seats
Tempat duduk mobil dengan penghangat? Terdengar nyaman apalagi di musim hujan seperti sekarang. Cadillac sudah melakukan inovasi ini pada beberapa produk mereka sejak tahun 1966.

Speedometer dan indikator digital
Pencetus pertamanya adalah Aston Martin, lewat produk mereka, Lagonda, pada tahun 1976. Sekarang ini, mobil mewah mana yang tak memakai speedometer dan indikator digital pada dashboard mereka?

Cruise control
Inovasi yang dilakukan Ford pada sebuah Thunderbird ini bernama Highway Pilot Automatic Speed Control dan sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1966. Sistem ini menggunakan vacuum motor, rantai, kabel, dan pompa sensor.

Sensor rain-detector
Diciptakan pada tahun 1951 oleh Buick pada sebuah mobil konsep Buick LeSabre. Meski ini hanyalah sebuah concept car, tapi sebenarnya mobil ini adalah kendaraan sehari-hari hasil rancangan inovasi stylist legendaris Harley Earl. Mungkin untuk menjaga rambutnya yang sudah gaya maksimal tidak kehujanan, ia lalu menciptakan sebuah sensor yang akan menggerakkan atap LeSabre convertible miliknya bergerak menutup.

Mobil yang dapat berbicara
Boleh percaya, boleh tidak, namun Nissan (Datsun) pernah mengembangkan teknologi ini pada tahun 1982 lewat produk mereka Datsun 810 Maxima. Pada saat itu, semua orang memang sepertinya sedang terpesona dengan KITT dari serial "Knight Rider" dan konsep mobil yang dapat berbicara sepertinya memang sedang hot. Meski hanya sebuah suara wanita yang mengingatkan saat Anda lupa memakai sabuk pengaman atau mematikan lampu, tetap saja mobil ini dapat berbicara.

0 komentar:

Posting Komentar