Hal-hal Ini Dapat Memperpendek Umur Mobil Anda


Sumber: aolcdn.com

Musim hujan adalah musim yang berat untuk dijalani bagi seluruh komponen yang ada pada mobil. Mesin, ban, sistem pendingin dan penghangat, serta komponen lainnya pada mobil akan bekerja lebih berat pada musim hujan. Selain itu, ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa disadari dapat semakin memperberat kerja komponen-komponen pada mobil tersebut. Hal ini tentu dapat menambah pengeluaran biaya perawatan serta memperpendek umur mobil. Apa saja kira-kira?

Memanaskan mesin terlalu lama atau terlalu sering meninggalkan mesin dalam posisi idling
Mesin mobil-mobil modern yang ada sekarang telah mempunyai sistem pelumasan yang cukup baik sehingga tidak lagi memerlukan waktu lama untuk dipanaskan. Usahakan untuk memanaskan dan meninggalkannya dalam keadaan idling untuk beberapa menit saja. Idling sendiri adalah sebuah kondisi tetap membiarkan mesin menyala tanpa menjalankan mobil. Percayalah, mesin mobil Anda tidak dirancang untuk berada dalam kondisi ini. Terlalu sering idling akan membentuk kotoran pada busi sehingga mengurangi efektivitasnya. Pemakaian bahan bakar pun akan menjadi lebih boros.

Tidak merawat ban
Mengendarai mobil dengan inflasi dan tekanan ban yang tidak tepat terbukti dapat berakibat buruk. Mulai dari mesin yang harus bekerja lebih keras, bahan bakar yang menjadi lebih boros, pengaruh buruk pada handling dan rem, dll. Rajinlah periksa dan merawat kondisi ban mobil Anda.

Mengemudi terlalu cepat
Mengebut itu memang nikmat, semua orang tahu itu. Tapi dibalik semua kenikmatan itu ada kemungkinan ditilang, cedera, atau kecelakaan fatal. Selain itu, mengebut akan memaksa sistem rem dan ban mobil Anda bekerja ekstra keras. Hal yang tentunya dapat memperpendek umur sistem-sistem tersebut.

Tidak melindungi dashboard dari panas matahari
Panas matahari dapat meretakkan, memudarkan warna dan merusak kondisi dashboard. Untuk kenyamanan Anda dan mempertahankan keindahan interior mobil, investasikan sedikit uang Anda untuk membeli penutup/tirai kaca depan agar dashboard tak langsung terkena panas matahari.

0 komentar:

Posting Komentar