Petunjuk Simpel Agar Aman Menembus Kabut


Sumber: linpearson.com

Hal-hal apa sajakah yang harus dilakukan saat mengendarai mobil di jalanan yang berkabut? Tanpa bermaksud untuk menggurui atau merasa lebih tahu, beberapa poin dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu.

Perhatikan kecepatan mobil Anda. Berjalan pelan-pelan saja dalam kecepatan yang aman untuk situasi. Jaga jarak aman dari kendaraan lain. Pastikan juga semua sistem lampu dari kendaraan Anda berfungsi. Gunakan hanya lampu dekat dalam situasi berkabut. Jangan pernah menggunakan lampu jauh karena dapat merefleksikan tetesan embun atau uap air di dalam kabut.

Jika mobil Anda dilengkapi dengan lampu kabut, jangan pernah ragu untuk menggunakannya. Ingat juga untuk menggunakan warna lampu yang sesuai standar (berwarna kuning).

Manfaatkan keberadaan tanda-tanda jalan pada trotoar sebagai penunjuk arah. Menggunakan batas jalan sebagai penunjuk arah lebih disarankan dibandingkan  garis jalan saat situasi berkabut.

Ketika mengendarai mobil dalam keadaan berkabut, Anda baru akan menyadari betapa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan kaca depan dan jendela-jendela mobil. Rajin-rajinlah merawat dan membersihkan seluruh kaca dan jendela pada mobil Anda agar selalu siap untuk sewaktu-waktu terjebak dalam kabut.

Waspadai juga keberadaan kendaraan yang berjalan pelan atau sedang terparkir. Sebisa mungkin hindari untuk menyalip dan berpindah jalur.

Saat kabut betul-betul tebal, ada baiknya Anda menepi atau berhenti mengemudi. Berhentilah di tempat yang aman dan jauh dari arus lalu lintas seperti SPBU atau rest area. Jika perlu, nyalakan lampu darurat (hazard).

0 komentar:

Posting Komentar