Perkembangan Teknologi Jalan Raya (Bagian II)


Sumber: i2.cdn.turner.com

Di dunia otomotif, pesatnya perkembangan teknologi pada kendaraan juga sudah mulai dibarengi oleh inovasi pada jalan raya. Pada beberapa negara, jalan raya dari bahan aspal sudah banyak diganti oleh jalan lebih ramah lingkungan berbahan dasar resin yang diberi nama Eco-Pave. Beberapa peneliti bahkan sedang mengembangkan kontruksi jalan dari bahan plastik daur ulang. Apa saja teknologi canggih jalan raya yang akan dan sudah dikembangkan?

Charger nirkabel untuk mobil elektrik
Jalanan kota Brabant, Belanda, benar-benar akan menjadi salah satu jalanan tercanggih di dunia. Teknologi ini juga sedang dikembangkan dan diharapkan bisa terwujud pada tahun 2018. Menggunakan transfer tenaga listrik induktif (metode yang sama seperti pada sikat gigi elektrik), mobil-mobil bertenaga listrik akan bisa diisi ulang tenaganya saat melintasi jalanan ini.

Jalan raya bertenaga matahari
Sedang dalam proses penelitian di kota Sandpoint, Idaho, Amerika Serikat. Nantinya mobil-mobil akan melewati sebuah panel matahari yang terdapat di jalan ini. Sebuah usaha untuk mengembangkan energi alternatif.

Jalan bertenaga Piezoelectric
Sedang diuji coba di Israel dan ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2020. Kristal Piezoelectric dapat menghasilkan energi dari getaran yang dikeluarkan oleh kendaraan yang melintasi jalanan ini.

Jalan tol pintar dan terkoneksi internet
Sebuah "stasiun radio" akan terhubung dengan penerima GPS di mobil untuk memonitor keadaan lalu lintas. Informasi tersebut lalu diterima oleh Sat-Navs untuk membantu pengendara menghindari kecelakaan dan area padat.

0 komentar:

Posting Komentar