Mobil Balap Tenaga Listrik Pertama di Reli Dakar


Sumber: electricautosport.com

Mulai tahun depan, kita akan bisa melihat sebuah mobil bertenaga listrik berkompetisi dalam Reli Dakar untuk pertama kalinya. Mobil pencetak sejarah ini adalah buatan firma teknik sipil asal Spanyol bernama ACCIONA.

Mobil ini dibuat dari nol oleh ACCIONA dan mendapat kekuatannya dari mesin berbentuk 4 buah baterai lithium-ion 140 kWh penghasil 300 tenaga kuda. Tenaga sebesar itu, sepertinya sudah cukup sebagai modal menembus ganasnya Reli Dakar yang mempunyai jarak 322 km untuk tiap stage-nya.

Lalu, dapatkah mobil listrik ini menyelesaikan rentang jarak keseluruhan Reli Dakar yang jauhnya mencapai 5600 mil (9000 km) ini? Seperti yang kita tahu, Reli Dakar adalah salah satu reli paling menantang, paling berat dan yang paling ternama di dunia. Sebagai contoh, pada Reli Dakar tahun 2014 ini, ada sebanyak 431 mobil yang berangkat dari garis start, namun hanya sekitar setengahnya saja yang berhasil mencapai garis finis. Reli Dakar adalah tes sesungguhnya dari daya tahan sebuah mobil balap.

Jika memang mobil reli ciptaan ACCIONA berhasil bersaing dengan mobil-mobil reli bertenaga minyak di salah satu reli paling terkenal ini, sebuah tonggak sejarah baru dunia mobil listrik sudah berhasil mereka tancapkan.

0 komentar:

Posting Komentar