Aman Mengemudi Saat Hujan Deras


Sumber: motability.co.uk

Untuk menyambut musim hujan yang sepertinya makin dekat, di bawah ini ada beberapa poin simpel yang harus diperhatikan agar mengemudi mobil saat hujan deras tetap aman.

Jalan berlubang
Waspadalah terhadap keberadaan lubang di jalan karena kadang kedalamannya dapat mengejutkan Anda. Namun, jika benar-benar tidak bisa dihindari, siapkan nyali dan angkat kaki Anda dari pedal rem.

Cruise control
Jika kendaraan Anda kebetulan dilengkapi oleh sistem cruise control, jangan digunakan! Saat Anda terpaksa menembus genangan air dan mengangkat kaki dari pedal gas untuk menghindari selip, sistem ini mendeteksi adanya penurunan kecepatan dan akan menambah kecepatan dengan otomatis. Percayalah, Anda takkan pernah mau hal ini terjadi.

Pelan-pelan
Berbagai macam fluids (cairan) atau pelumas lebih mungkin untuk ditemukan berceceran di jalan saat hujan, terutama di persimpangan-persimpangan. Cairan-cairan dari mobil tersebut apabila bercampur dengan air hujan dapat berubah menjadi sesuatu yang super licin. Pelan-pelan.

Jaga jarak
jaga jarak Anda. Saat hujan, jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan sekitar 3-4 detik.

Safety stop
Jika hujan deras bahkan badai benar-benar menghambat kemampuan Anda untuk mengemudi, berhentilah di tempat yang aman.

Kondisi ban
Selalu periksa keadaan ban secara reguler untuk memastikan mereka dalam keadaan baik. Cek tekanannya sebulan sekali.

Wiper
Ganti segera karet wiper kaca depan yang sudah mulai usang. Biasanya, karet wiper harus diganti tiap setahun sekali. Kondisi wiper saat hujan, menentukan keselamatan Anda.

Nyalakan lampu
Menyalakan lampu saat hujan deras kadang diperlukan untuk membantu mobil lain melihat keberadaan mobil Anda.

0 komentar:

Posting Komentar