Smartphone Sebagai Kunci Mobil, Mungkinkah?


Sumber: thefonecast.com

Beberapa dekade yang lalu mungkin kita takkan bisa membayangkan jika sebuah pesawat telepon, khususnya smartphone, akan dapat menjadi kunci untuk pengoperasian mobil. Well, dengan kemajuan teknologi selular yang makin futuristik sekarang ini, hal tersebut sepertinya sudah mulai bisa diwujudkan.

Beberapa concept cars seperti Rinspeed iChange dan Chrysler Global Electric Motorcars Peapod telah menggandeng iPhone untuk mejadi tak sekedar alat berkomunikasi atau mendengarkan musik lagi, namun juga untuk kunci mobil. Kedua fasilitas ini menggunakan sebuah iPhone dock untuk mengenali si pemilik kendaraan (pengemudi) saat telepon ditempatkan pada permukaan dock, sehingga mobil dapat dinyalakan.

Contoh lainnya, jasa rental mobil Zipcar yang meluncurkan aplikasi iPhone gratis "Zipsters" untuk para pelanggannya. Selain menjadi kunci mobil, aplikasi ini bahkan mampu membuat customer membunyikan klakson mobil sewaan saat kesulitan menemukannya di tempat parkir.

Sementara itu, Ford, juga tak mau kalah dan bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan teknologi Sync suara yang menggunakan smartphone untuk menyalakan mobil. Mereka juga menawarkan aplikasi "MyKey" dimana para orang tua dapat membatasi kecepatan mobil, memakai telepon saat berkendara dan mengecilkan volume stereo secara otomatis saat mobil dipakai oleh anak-anak (baca: remaja/ABG). Aplikasi ini dapat menyambungkan telepon anak ke telepon rumah atau telepon orang tua ketika remaja-remaja anak mereka mengemudi dengan sembarangan.

0 komentar:

Posting Komentar