Mempersiapkan Baterai Mobil untuk Dinginnya Musim Hujan


Sumber: amazonaws.com

Baterai mobil (aki) mirip dengan manusia saat musim hujan. Mereka ingin tetap hangat dan dijaga agar reaksi kimia di dalamnya lancar, meskipun mobil jarang dijalankan. Betul, baterai mobil Anda butuh sebuah perawatan rutin.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki alat-alat yang tepat untuk perawatan ini. Sebisa mungkin milikilah sebuah charger aki (battery charger) karena dapat memotong biaya bila dibandingkan dengan membeli aki baru setiap tahunnya. Sebelum membeli, pelajari dan lakukan survei tentang merk charger aki yang bagus terlebih dahulu.

Selanjutnya, periksa semua terminal dan kabel pada baterai. Bersihkan semuanya dari korosi dan ganti apabila ada bagian yang telah usang. Ada baiknya untuk mengoleskan minyak/gemuk pelumas dielectric agar korosi di kemudian hari dapat dicegah.

Langkah-langkah simpel di atas selain dapat menambah umur baterai/aki mobil Anda, juga tentunya bisa mengurangi biaya perawatan mobil yang harus dikeluarkan. Terutama, dalam menyambut dinginnya musim hujan (baca: musim banjir).

0 komentar:

Posting Komentar